Jika ditanya tentang penghasilan blogger pemula, maka saya selaku penulis juga seorang blogger akan menjawabnya berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga hal ini bisa menjadi masukan bagi teman-teman yang ingin menggeluti dunia blog.

Memang saat ini pekerjaan digital sangatlah diminati. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena jumlah pekerjaan konvensional tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Menjadi blogger bisa jadi salah satu opsi untuk mencari penghasilan di internet. Namun, kita perlu menyamakan persepsi tentang pengertian blogger itu sendiri.

Apa Itu Blogger?

Definisi blogger adalah seseorang yang membangun, mengelola, dan mengontrol sebuah blog. Dia membuat konten informatif dalam berbagai topik untuk menjangkau audiens target.

Sedangkan pengertian dari sebuah blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya.

Tahapan Menjadi Blogger

Sebelum masuk ke jumlah penghasilan, lebih baik kamu tahu bagaimana seluk-beluk menjadi blogger supaya kamu tidak terlena sakaligus “mengampangkan” profesi ini. Saya merasa pantas untuk memberikan gambaran suka duka dalam membangun sebuah blog. Tulisan ini adalah tulisan kedua yang diposting di dalam eBsof.com jadi saya membangunnya dari nol.

Pada pertengahan tahun 2021 saya mendalami blogger secara serius. Toh waktu itu posisi saya memang pengangguran jadi punya banyak waktu untuk belajar. Kondisi keuangan saya waktu itu punya tabungan jadi masih bisa hidup tanpa bekerja sehingga fokus ke pembelajaran blog.

Saya sangat tidak menyarankan untuk langsung menjadikan blogger sebagai penghasilan utama tanpa bekerja! Kenapa? Karena prosesnya itu panjang dan sangat sulit. Hanya orang-orang yang memahami SEO saja yang bisa menghasilkan dari sini.

Lebih baik kamu jika masih bekerja sebagai apapun itu, dalami dulu materi SEO dan pengetahuan terkait membangun blog profesional. Jika ilmu yang kamu kuasai dirasa cukup dan sudah mampu menghasilkan pundi-pundi uang dari Google AdSense maka silahkan terjun ke dunia blog sebagai blogger pemula.

Menjadikan blogger sebagai penghasilan utama tanpa tau ilmunya dan tidak punya uang tabungan akan sangat beresiko sekali.

Langkah-Langkah Menjadi Blogger Pemula

penghasilan blogger pemula

1. Belajar Menulis

Konten website pasti tak jauh-jauh dari yang namanya nulis. Tulisan yang bagus pasti tak jauh-jauh dari kegiatan membaca, semakin kamu sering membaca maka semakin mudah pula dalam menulis.

Pertama, tak harus jago menulis sesuai SEO tetapi pastikan dulu tulisan kamu tidak membuat mata pedes. Artinya, enak dibaca, kosakata gak belepotan, bahasa yang mudah dipahami dan informasinya tersampaikan ke pembaca.

Jujur saja, saya suka membaca dari tahun 2019 dengan mengunjungi berbagai forum untuk berdiskusi sekaligus belajar dari pengalaman orang-orang. Jika ada istilah yang saya tidak mengerti maka akan mencari arti dari kata tersebut, ini sangat berguna demi menambah kosakata yang kita kuasai.

2. Belajar SEO

SEO singkatan dari Search Engine Optimization, yang bila diartikan secara sederhana adalah mengoptimasi sebuah konten untuk bisa bersaing di mesin pencarian seperti Bing dan Google. Kamu mungkin lebih familiar dengan YouTuber, ilmu SEO yang YouTube dan Blogger itu berbeda tingkatannya.

Baca juga:   Cara Agar Blog Diterima Google AdSense dengan Cepat

SEO blogger itu lebih rumit, apa yang kamu tulis haruslah melalui riset. Saya mempelajari ini selama 12-14 jam dalam sehari, namanya juga pengangguran hehe.

Ada algoritma yang perlu kamu ketahui, kamu harus menulis konten sesuai algoritma yang berlaku supaya tulisanmu dipandang berkualitas di mata mesin pencarian. Belajarnya dari mana? Tentu saja internet, bisa dari blog lain atau dari YouTube. Bila kamu punya dana, silahkan untuk mengikuti kelas berbayar bagi blogger pemula dengan materi dasar biasanya dihargai Rp 500.000 ke atas.

Jika kamu masuk ke grup blogger di facebook, jangan heran kalau sedikit sekali ilmu yang mereka bagi, justru hanya tempat curhat, jualan dan diskusi tidak jelas.

Kamu bertanya di mana tempat saya belajar? Banyak sekali sih, mulai dari baca-baca artikel sampai nonton vidio. Tapi kebanyakan mereka mengajarkan sesuatu yang remeh tapi bertele-tele, terkesan memusingkan. Kenapa demikian? Sesuatu yang mudah tapi dibikin sulit dan berbelit pasti ujung-ujungnya gak jauh dari duit. Jual materi, buka kelas berbayar, jasa pembuatan website dan sebagainya.

Untungnya saya menemukan tempat yang betul-betul bermanfaat, yakni Channel YouTube Blog Tips. Bukan saya dibayar olehnya untuk mempromosikan, tapi memang ini adalah bentuk terima kasih dari saya pribadi yang belajar dari channel tersebut tanpa membayar sepeserpun.

3. Modal

Apakah blogger itu butuh modal? Ya, jika kamu ingin membangunnya dengan cepat sekaligus profesional. Tidak perlu modal jika kamu memang ingin meminimalisir pengeluaran dan santai dengan prosesnya. Saya menjadi blogger pemula tanpa modal, hanya dengan memanfaatkan tools gratisan yang ada di internet.

Kamu bisa menggunakan tools atau layanan di bawah ini jika tertarik dan semuanya gratis!

  • Google keyword planner – buat riset keyword
  • Keywordintent.io — juga buat riset keyword
  • SEO Spy Glass – aplikasi buat liat backlink kompetitor
  • Ahref webmaster tools – layanan gratis buat mantau perkembangan website pribadi
  • Google Search Console — layanan google yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi website
  • Saijogeorge.com — untuk membuat kode faq atau generator faq

Mungkin ada yang lain tapi saya lupa. Jika kamu ingin mengeluarkan modal sapaya lebih cepat menghasilkan maka gunakan tools berbayar atau langsung membeli sebuah website dengan trafic lumayan. Proses membangun website dari nol sampai mampu menghasilkan gaji pertama dari AdSense diperlukan waktu antara 5 bulan bahkan setahun lebih.

Jatuh Bangun Blogger Pemula

berapa gaji blogger pemula

Ada beberapa kesulitan yang membuat blogger pemula gulung tikar (baca=nyerah), apa saja? Mohon maaf karena mungkin saya menjelaskannya agak ngegas supaya kamu merasakan tamparan realita.

Realita Pertama

Jangan kira blogger itu cuma modal nulis. Nulis aja ah nanti juga ada yang baca, ngaco itu namanya. Kalo cuma mau nulis sembarangan mending di Kaskus, IDN Times, nulis novel atau tempat sejenis yang mau ngebayar tulisan daripada diposting di blog kalah sama algoritma akhirnya ga ada yg baca.

Gak usah ngarepin duit kalau nulismu masih sembarangan tanpa riset, tanpa rumus.

Cara risetnya juga jangan ngasal, salah baca data itu bahaya. Misalnya nemu kata kunci Resep Nasi Goreng Spesial yang punya volume pencarian 70k perbulan, terus girang wuih kalo nulis ini berarti blog gue bakal dikunjungi 70 ribu orang dong, asik banyak trafik!

Baca juga:   Cara Agar Blog Diterima Google AdSense dengan Cepat

Goblok itu namanya. Dilihat dulu berapa saingan yang bikin artikel begituan, volume 70 ribu kalo yg ngerebutin 2 juta lu bisa apa? Terus yang di page one google isinya web gede macem tribun sama kompas. Lu yakin web prematur punya lu bisa ngalahin mereka?

Blogger baru + gak punya modal itu cuma bisa ngais trafik yang belum diperebutkan oleh web gede.

Gapapa cari yg volumenya 250 per bulan yang penting page one. Kalau udah banyak yg page one barulah naikin pelan ke volume 500. Ente gak punya modal jangan sok sok an. Ibarat ente buka angkringan depan McDonalds.

Realita 2

Gue udah belajar SEO mati matian, per hari dapet rafik ratusan kok penghasilannya nol koma sekian? Tanyamu.

Ya emang! Dikira bisa langsung kaya? Yang cepet kaya itu biasanya jalur ga bener macem indra kenz. Lu mau ditangkep polda?

Biasanya pada nyerah di bagian ini. Udah belajar mati matian tapi duit ga seberapa. Saranku ya mending nyerah aja, ngapain buang buang waktu ga ada duitnya.

Biar semangat nulis motivasinya apa bang? Miskin. Orang yg kepepet butuh duit pasti bisa ngelakuin apa aja. Nyolong, ngrampok, mbegal, nipu, ngemis, ngutang, semuanya bisa. Kalo ngelakuin hal gak terpuji aja bisa masa nulis kaga bisa?

Belajar sampe lu jago banget di bidang itu maka uang akan mengikuti. Kalo mau bijak dikit, uang itu hadiah bukan tujuan. Terus tujuannya apa? Jadi profesional di suatu bidang, begal pun perlu latihan.

Realita 3

Susah-susah bangun website malah dibanned, iklannya jadi gak tampil, gak dapet penghasilan. Dibilangin jangan share link website sembarangan apalagi di komunitas blogger. Orang iri dengki ini sebut aja bocil epical glory yang suka menjahili website dengan cara ngasih trafik bot (jinglink) atau spam klik iklan supaya iklannya diblokir.

Harapannya si pemilik website jadi pensiun karena web tersebut tidak lagi menghasilkan uang. Dengan begitu website bocil epical glory gak punya saingan lagi. Maka dari itu menanyakan link website pribadi hukumnya adalah haram.

Google AdSense itu iklan paling sensitif, salah dikit aja langsung diperingatin. Gak boleh gini, gak boleh gitu tapi mereka tidak menjelaskan secara eksplisit di bagian mana yang salah. Satu lagi, jangan mengklik iklan sendiri atau menyuruh orang untuk mengklik iklan di website kita. Jika masih ngeyel maka terima resikonya sendiri.

Realita 4

Banyak sekali blogger profesional yang bekerja secara berkelompok. Mereka menyatukan kekuatan demi membangun website yang menghasilkan.

Si A pinter di bagian ini, si B pinter di sini, C ini. Dengan begitu semuanya akan berjalan lebih mudah dan cepat. Blogger kroco minim ilmu mau gabung? Buat apa? Kalau gak punya kemampuan ya minimal ngasih pendanaan baru bisa ikutan. Buat apa nerima orang yang membebani tim.

Realita 5

Penghasilan Adsense itu menyesuaikan kemampuan (pendapatan) suatu negara. Negara maju punya nilai klik besar, negara berkembang punya nilai klik kecil.

Websitemu berbahasa indo? Maka nikmatilah cost per click (CPC) Indonesia yang sangat receh, rata-rata 300 rupiah per klik. Karena hal itu juga banyak orang yang ‘ternak adsense’, mereka tidak mencari uang lewat adsense melainkan menjual akun adsense.

Baca juga:   Cara Agar Blog Diterima Google AdSense dengan Cepat

Website fresh baru diterima adsense dihargai 1.6 juta per akun. Ini memang lebih menguntungkan ketimbang membangun web sampai bisa gajian.

Catatan: Kamu akan bertemu realita di atas jika membangun website pribadi sendirian tanpa modal dan garis lurus. Jadi nikmati saja prosesnya, lama-lama kamu akan terbiasa kok.

Penghasilan Blogger Pemula

Akhirnya sampai juga ke poin utama, yakni penghasilan dari blogger pemula. Berapa sih gajinya? Sebagaimana disampaikan sebelumnya, penghasilan blogger menyesuaikan kemampuan yang dimiliki. Orang-orang yang menguasai SEO lah yang mampu menikmati pundi-pundi uang lewat kegiatan blogging.

Penghasilan seorang blogger berasal dari mana? Dari iklan yang tampil di dalam blog. Pengiklan yang paling banyak digunakan adalah Google AdSense, sebetulnya masih banyak pengiklan lain tapi hanya digunakan sebagai alternatif jika sudah ditolak adsense. Contoh iklan alternatif seperti, Adsterra, MGID dan masih banyak lagi.

Penghasilan blogger berbanding lurus dengan trafik yang ada di blog tersebut. Jika ditanya berapa trafik minimal supaya bisa gajian sebulan sekali? Dengan asumsi nilai iklan sekali klik 300 rupiah maka kamu perlu trafik sebanyak 3000 kunjungan dalam sehari mengingat hanya 2-3% pengunjung yang mau mengklik iklan.

Menghitung sistem gaji blogger yang diasumsikan menggunakan Google AdSense sebagai pendapatan utama maka cara penghitungannya sebagai berikut:

  • Gaji minimal AdSense adalah Rp 1.300.000, jika kamu dalam sebulan menghasilkan Rp 1.200.000 maka saldo tersebut akan diakumulasi ke bulan berikutnya karena belum mencapai batas minimal.
  • Misalnya 1 klik iklan dihargai 300 rupiah maka kamu perlu 4.300 klik dalam sebulan atau 144 klik dalam sehari.
  • Jika jumlah klik (CTR) hanya 2% dari total pengunjung maka kamu perlu 4.200 kunjungan dalam sehari atau 127.000 kunjungan dalam sebulan
  • Nilai tersebut sangat fluktuatif karena nilai klik iklan tidak akan statis di angka 300 rupiah. Bisa naik jauh atau bisa turun menyesuakan konten di dalam website dan iklan apa yang diklik pengunjung.

Gaji blogger pemula seperti saya (waktu itu) adalah Rp 2.300.000 per dua bulan. Seringkali dalam sebulan jumlah saldo yang terkumpul masih belum mencapai batas minimal, yakni 1.3 juta jadi gajian diundur bulan depan (dua bulan sekali gajiannya).

Kecil dong? Ya memang segitu, makanya blogger senior tidak mungkin mempunyai satu blog saja pasti ada blog lain yang ikut menyumbang pundi-pundi rupiah. Dulu saya memulai satu blog yang saya bangun sendiri dan membeli satu untuk belajar. Keduanya punya nilai klik yang berbeda, 300 dan 700 karena memang topik/niche nya beda.

Sekarang saya memiliki puluhan blog yang sudah mampu menghasilkan uang cukup banyak. Ini adalah hadiah dari konsistensi dalam belajar maupun menulis.

Penutup

Jika ingin membangun website blogger dengan tujuan menghasilkan maka perjuanganmu sangat berat apalagi tanpa modal. Pastikan kamu punya bensin alias uang supaya bisa tetap hidup jika memang nekat terjun sebagai full time blogger. Korbankan waktumu jika ingin belajar. Ingin mendapatkan sesuatu maka harus mengorbankan sesuatu dalam hal ini bisa jadi uang, tenaga, waktu dan sebagainya.

 

1
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *